Jumat, 10 Mei 2013

Sukorejo, SD Muh Sukorejo- Gerhana matahari yang terjadi Jum'at (10/05/2013) pagi dapat disaksikan di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Sukorejo dan sekitarnya. Gerhana yang dimulai sejak sekitar pukul 06.25 itu merupakan gerhana matahari cincin (GMC). Fenomena astronomis ini tak pelak mengundang perhatian siswa-siswi SD Muhammadiyah Sukorejo.

Pengampu Sains, Trimo, S.T, mengatakan, "Gerhana metahari merupakan gambaran nyata untuk siswa-siswi setelah mereka belajar teorinya di bangku kelas, fenomena ini juga merupakan kejadian yang patut direnungi, di dalamnya terdapat berbagai pesan mulai dari betapa besarnya kekuasaan Tuhan, dan bagaimana mekanisme tata surya itu beralangsung." Siswa juga tak lupa diberi pengarahan dan pengertian mengenai gerhana matahari, serta apa yang menjadi sunnah ketika peristiwa gerhana terjadi. "Anak-anak juga akan kami beri pengertian bahwa saat gerhana baik bulan maupun matahari Rasulullah SAW menganjurkan ummatnya untuk mendirikan sholat gerhana/sholat khusuf." lanjut Trimo.


Gerhana matahari terjadi manakala matahari, bulan, dan bumi berada pada posisi segaris, dengan posisi bulan berada di antara matahari dan bumi sehingga cahaya matahari sesaat terhalang. Ada tiga kemungkinan gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.

Gerhana matahari total terjadi ketika posisi bulan benar-benar menghalangi matahari terlihat dari bumi. Sedangkan gerhana matahari sebagian terjadi saat sebagian lempeng bulan menutupi lempeng matahari terlihat dari bumi.

Gerhana matahari cincin, seperti yang terjadi pagi itu dapat terjadi karena piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya. [Kertodanuri]



Bookmark and Share



0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Asma'ul Husna

sdmimuh.sukorejo@gmail.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Entri Populer

About Me

Foto Saya
SD-MI Muhammadiyah Sukorejo
Merupakan lembaga pendidikan Islam yang berorientasi ke masa depan yang berupaya mengarahkan para siswanya agar menjadi generasi yang siap hidup di jamannya. Semua aktifitas pendidikan diarahkan agar anak mampu menyeimbangkan antara fikir, dzikir ilmu dan amal.
Lihat profil lengkapku

Followers