Jumat, 13 April 2012

ROBOTIC EXSCHOOL
SD MUHAMMADIYAH SUKOREJO

Robotika. Merupakan ilmu pengetahuan yang terus berkembang. Untuk bidang yang satu ini di Indonesia masih sangat minim pengembangannya, padahal di Negara maju seperti Jepang kompetisi robotika sudah menjadi agenda wajib bagi sekolah mulai tingkat dasar. Agar tidak terus tertinggal maka mulai saat ini harus disikapi dan disiapkan bagi generasi penerus untuk terus membangun dan menata kehidupan guna kejayaan Indonesia di masa mendatang.

Sebagai upaya mensikapi dan menindaklanjuti hal tersebut, Alhamdulillah mulai semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012 SD Muhammadiyah Sukorejo mulai menyelenggarakan Ekstra Robotika bagi siswa kelas empat dan lima. Antusiasme anak-anak sangat tinggi pada bidang ini. Yah sesuatu yang baru.
Pada tahap awal anak-anak dikenalkan berbagai komponen elektronika seperti transistor, dioda, resistor, LDR, motor listrik, LED, serta PCB. Komponen ini merupakan bahan dasar pembuatan robot sederhana. Pada semester ini ada dua proyek robot yaitu Robot pancarona yang dapat bergerak mengikuti cahaya dan Totobot berupa robot yang dapat menghindari penghalang. Untuk tahap lanjutan anak-anak akan dibimbing untuk membuat robot line follower dan robot soccer yang dapat digerakkan untuk main sepak bola. Dengan kegiatan ini diharapkan peserta didik akan lebih dini mengenaldan menyukai dunia teknologi hingga kedepan akan muncul seribu Habibi dari anak didik kita. Semoga. ---mbs---

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Asma'ul Husna

sdmimuh.sukorejo@gmail.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Entri Populer

About Me

Foto Saya
SD-MI Muhammadiyah Sukorejo
Merupakan lembaga pendidikan Islam yang berorientasi ke masa depan yang berupaya mengarahkan para siswanya agar menjadi generasi yang siap hidup di jamannya. Semua aktifitas pendidikan diarahkan agar anak mampu menyeimbangkan antara fikir, dzikir ilmu dan amal.
Lihat profil lengkapku

Followers