Jumat, 03 Februari 2012

Try out menjadi kata yang sangat akrab bagi insan yang bergelut di dunia pendidikan.. Uji kesiapan peserta didik dalam menghadapi ujian nasional ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari strategi sukses ujian. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan sedini mungkin akan dapat diketahui tingkat kesiapan siswa, sehingga berbagai upaya tindak lanjut baik berupa penambahan jam maupun berbagai bimbingan belajar akan tepat sasaran dan lebih fokus.
Pada persiapan pelaksanaan Ujian Nasional SD/MI tahun 2012 calon peserta ujian dari MI Se-Kecamatan Sukorejo paling tidak mengikuti 6 kali kegiatan try out dengan rincian sebgai berikut :
  1. Try Out Mandiri - 26 Januari-2 Februari 2012
  2. Try Out Kecamatan - 6-8 Februari 2012
  3. Try Out Disdik Kabupaten I - 13-15 Februari 2012
  4. Try Out Kemenag Kendal - 27-29 Februari 2012
  5. Try Out Disdik Kabupaten II - 12-14 Maret 2012
  6. Try Out Kanwil Kemenag Jateng - Maret 2012
Rentetan agenda yang cukup menguras energi dan tentunya menyita banyak waktu. Satu yang pasti bahwa kegiatan try out di atas akan mengurangi jam belajar efektif. Kegiatan try out memang sangat penting bagi calon peserta ujian untuk berlatih sekaligus mengukur kesiapan diri serta sebagai acuan bagi sekolah untuk mengadakan bimbingan belajar, akan tetapi jika sampai menghabiskan waktu jam belajar efektif sehingga tidak ada waktu untuk kegiatan pembahasan soal-soal yang belum dikuasai anak maka efektifitas kegiatan try out yang beruntun sampai lebih dari lima kali dalam kurun waktu kurang dari dua bulan patut ditinjau ulang. Apabila setelah kegiatan try out tidak ada kegiata analisa dan tindak lanjut yang jelas, maka sebanyak apapun try out yang diadakan tidak akan berguna, apalagi hasil dari kegiatan tersebut baru diterima pihak sekolah dalam jangka waktu yang lama sehingga belum sempat ada kegiatan tindak lanjut try out berikutnya sudah segera menyusul. Idealya kegiatan try out diserahkan kepada sekolah masing-masing sesuai kebutuhan bukan sistem paket. Barangkali ada baiknya mengingat kembali tujuan diadakannya try out, semoga tidak ada tujuan lain walau masing-masing sekolah tidak punya kekuatan untuk mengelaknya. ----mbs---

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Asma'ul Husna

sdmimuh.sukorejo@gmail.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Entri Populer

About Me

Foto Saya
SD-MI Muhammadiyah Sukorejo
Merupakan lembaga pendidikan Islam yang berorientasi ke masa depan yang berupaya mengarahkan para siswanya agar menjadi generasi yang siap hidup di jamannya. Semua aktifitas pendidikan diarahkan agar anak mampu menyeimbangkan antara fikir, dzikir ilmu dan amal.
Lihat profil lengkapku

Followers